Kamis, 17 Maret 2011

Penelitian Sistem Informasi_1

Mata Kuliah Penelitian Sistem Informasi disadari ataupun tidak oleh mahasiswa ilmu komputer sangat membantu mahasiswa dalam mengerjakan penelitian/Skripsi/tugas akhir. 

Penelitian merupakan suatu proses pengamatan, pencarian, pengujian yang dilakukan dengan kritis, teliti dan terarah dalam mencari data, fakta fakta yang terjadi menggunakan metode metode / langkah tertentu, dan hasil penelitian tersebut tentunya juga harus bermanfaat.




Adapun urutan urutan dalam penelitian adalah:
1. Mendefinisikan Masalahnya terlebih dahulu.
Dalam penelitian, sebuah permasalah adalah kunci utama, alasan mengapa seseorang melakukan sebuah penelitian, jika sebuah penelitian tidak ada permasalahnnya maka itu tidak dapat dikatakan sebuah penelitian, dalam menentukan tema dan judul penelitian kita terlebih dahulu harus mencari permasalahannya, setelah itu barulah judul dan tema penelitian akan mudah ditentukan mengikuti alur masalah penelitian.


2. Merumuskan hipotesa hipotesa permasalahan yg akan diteliti.
Hipotesa merupakan dugaan dugaan sementara dalam proses penelitian, hipotesa bisa benar, bisa juga salah, hipotesa yang terbukti kebenarannya disebut sebuah teori, maksudnya dalam hipotesa yang terbukti benar akan menjadi sebuah pemikiran baru yang akan digunakan dalam menjelaskan permasalahan yang diteliti, misalnya penyebab dan akibat dari sebuah konflik dapat dijelaskan dengan teori yang sesuai dengan konflik tersebut.


3. Menganalisa dan melakukan pengujian hipotesa.
Menganalisa merupakan penelusuran, pencarian segala sesuatu yang kita temui saat proses penelitian, setelah analisa penelitian didapatkan maka diperlukan pengujian hipotesa (dugaan dugaan sementara) yang akan dapat menjawab apakah hipotesa yang kita telah tentukan sesuai dengan permasalah penelitian, apakah hipotesa tersebut merupakan hipotesa tepat dalam menentukan pemecahan  masalah penelitian.


4. Kemudian menyimpulkan penelitian tersebut.
Setelah semua proses diatas dilakukan kemudian didapatkan solusi permasalahan, maka selanjutnya sebagai peneliti kita harus menyimpulkan penelitian, dimulai dari permasalahan hingga solusi yang akan digunakan dalam pemecahan masalah penelitian dan semua ini merupakan hasil akhir penelitian yang kita lakukan.


5. Dan yang terakhir mempublikasikan hasil penelitian. 
Setelah didapatkan hasil akhir penelitian hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah kita harus mempublikasikan hasil penelitian sebagai wujud perkembangan kita dalam meningkatkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar